Navigation


RSS : Articles / Comments


Search

Backup Data Penting, pentingkah?

10:40 PM, Posted by Ridlo Prabowo, No Comment

Bagi pekerja mobile, notebook, dan netbook adalah teman setia. Bekerja di mana saja dan di mana saja dapat dilakukan berkat keduanya. 
Dokumen penting, proyek-proyek pekerjaan, semua tersimpan di dalamnya. Intinya, banyak hal penting di pekerjaan dan karir Anda ada di perangkat tersebut.
Namun, menggunakan notebook tidak selamanya menyenangkan dan mudah. Kadang-kadang kita harus menghadapi banyak kendala tak terduga dalam menggunakannya. Bisa saja di tengah-tengah pekerjaan, notebook hang enggan merespon. Data pun tak dapat diakses.
Belum lagi ancaman lain seperti ancaman kriminal. Saat di kafe atau foodcourt mengobrol dengan teman, tiba-tiba notebook Anda sudah raib dicuri orang.  Datangnya musibah tentu tidak dapat diduga siapa saja. Mungkin bukan perangkatnya yang sangat disayangkan telah hilang. Lebih penting lagi adalah data di dalamnya. Bisa jadi data keuangan perusahaan, dokumen-dokumen proyek pekerjaan yang sedang dikerjakan, atau aneka data pribadi turut hilang
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mungkin hal ini dapat dijadikan panduan untuk mengelola data-data penting di notebook Anda. Salah satu pencegahan adalah dengan rajin mencadangkan (mem-backup) data Anda.
Harus membawa hard disk portabel berkapasitas tambun ke mana saja sebagai pencadang data? Boleh saja. Namun ada cara lain yang lebih ringkas, efektif, dan mudah dilakukan untuk melakukan backup data tersebut, yaitu menggunakan online backup.
Secara garis besar, sumber ancaman terhadap sebuah PC terbagi menjadi dua: internal dan eksternal. 
Bahaya internal biasanya meliputi faktor keteledoran manusia dan kerusakan sistem. Contohnya, salah klik, sistem crash, dan gangguan listrik. Akibatnya, data-data penting bisa lenyap tanpa disengaja.
Sementara itu, bahaya eksternal umumnya berbentuk serangan malware. Internet dan USB storage merupakan media penyebaran paling rawan dari virus, worm, trojan, spyware, dan program berbahaya lainnya. Selain menyerang sistem, malware semacam ini pun berpotensi melakukan pencurian informasi pribadi dari PC Anda. 
Untuk melindungi PC dari kedua jenis ancaman tersebut, Anda bisa menggunakan Acronis Backup and Internet Security 2010. Inilah paket 2-in-1 yang menggabungkan software keamanan dan backup ke dalam satu paket. Hal ini semestinya menguntungkan Anda sebagai pengguna dari sisi biaya dan kepraktisan. Betulkah?
Kesan pertama yang kami peroleh tidaklah baik. Sebabnya, proses instalasi Acronis panjang dan merepotkan. Durasinya bisa mencapai sepuluh menit. Bagian paling lama ialah penyalinan berkas instalasi dari CD dan progress instalasi itu sendiri. Ketika menjajal Norton 360 dua bulan lalu, hal ini tak kami temukan. Padahal, fungsinya serupa.
Saat program mulai berjalan, kekecewaan berlanjut. Soalnya, walau mengusung satu judul, rupanya Acronis tetap saja memisahkan antara program sekuriti dan backup. Fungsi keamanan dijalankan Acronis Internet Security, fungsi backup dijalankan Acronis True Image Home. Keduanya tampil dalam jendela berbeda, tidak terintegrasi dalam satu antarmuka. Karena ada dua program, Anda harus menyediakan ruang hard disk setidaknya 250 MB.
Untungnya, rasa kecewa kami terobati setelah melihat kekayaan feature yang dimiliki Acronis. Program keamanannya lengkap, meliputi antivirus, antispyware, antispam, firewall, dan antiphishing. Untuk membentengi PC, terdapat real-time protection yang otomatis mendeteksi bila ada malware yang berniat mengakses sistem Windows. Karena dirancang untuk pengguna rumahan, tersedia pula fasilitas parental control untuk membatasi aktivitas Internet anak Anda.
Kelengkapan fasilitas juga kami lihat pada program backup. Bukan cuma data, Anda juga bisa mencadangkan e-mail, setelan aplikasi, dan kondisi sistem. Untuk tempat penyimpanan, silakan pilih antara hard disk atau online storage. Acronis memberi alokasi 5 GB di tempat penyimpanan maya miliknya. Namun, tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet pita lebar supaya dapa mengunggah data lebih cepat. (Erry FP)
***
Kesimpulan
Acronis Backup dan Security 2010 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan solusi perlindungan komplet. Software ini mudah digunakan dan kaya akan feature berguna. Beberapa di antaranya bahkan tak dimiliki produk pesaingnya. Tapi, sayang, sisi kepraktisan tidak berhasil dicapai oleh produk ini.

Spesifikasi  Acronis Backup and Security 2010
Harga
US$69.99 (3 PC)
Pengembang
Acronis
Situs Web
Sistem Operasi 
Windows XP SP2, Vista, Windows 7

Segala Ada

Fungsi keamanan milik Acronis Internet Security tergolong sangat lengkap. Selain feature standar seperti firewall dan antimalware, terdapat beberapa feature ekstra. Melalui Parental Control, Anda dapat membatasi aktivitas putra-putri di dunia maya. Hal-hal yang bisa dilakukan software ini misalnya mengatur periode pemakaian Internet, memfilter web, dan memblokir kata-kata tertentu. Feature lain yang ada dalam software ini contohnya enkripsi berkas rahasia dan komunikasi via perpesanan instan. Manfaatnya, dokumen dan percakapan pribadi Anda tidak bisa diketahui orang lain. Sementara itu, pada bagian General Settings, terdapat modus Game dan modus Laptop. Ini berguna untuk mengurangi konsumsi memori dan daya ketika Anda sedang bermain game atau memakai laptop berbaterai.

Pilihan Pencadangan

Untuk fungsi pencadangan (backup), tersedia beberapa pilihan. Mau mencadangkan seluruh isi PC atau sebagian saja, Anda-lah yang menentukan. Begitu juga dengan tempat penyimpanan, mau pilih di hard disk atau di online storage. Tapi, yang cukup istimewa adalah feature Nonstop Backup. Di sini, program akan secara kontinyu melakukan pencadangan ke storage tertentu setiap lima menit (mirip fasilitas Autosave yang ada dalam Microsoft Word). Dengan feature ini, Anda tidak perlu khawatir bila terjadi kehilangan data secara tiba-tiba.

Zona Virtual
Bulan lalu, kami sempat menguji sebuah produk sistem virtual. Ternyata, Acronis juga memiliki kapabilitas serupa dalam skala yang lebih kecil. Try & Decide, namanya. Saat diaktifkan, feature ini bakal menggunakan sebagian hard disk kosong sebagai lingkungan virtual. Di sini, Anda bisa menginstalasi aplikasi atau membuka web dan e-mail yang dicurigai berbahaya. Uji dahulu, adakah malware terkandung di dalamnya. Kalau aman, silakan simpan, tapi kalau tidak, langsung hapus saja. Tenang, PC Anda tak akan terinfeksi.
 
infokom

No Comment