Navigation


RSS : Articles / Comments


Search

Bahaya Laptop untuk Kesehatan

11:31 PM, Posted by Ridlo Prabowo, No Comment

Begitu populernya penggunaan laptop, sampai-sampai pelawak pun memakainya sebagai jargon di acaranya. Namun benda dengan teknologin tinggi yang praktis ini, juga bisa membahayakan kesehatan pemakainya.
Kebanyakan laptop dirancang tanpa mempertimbangkan postur tubuh pemakainya. Sekarang kitalah yang harus pintar-pintar menyiasati.

Caranya:
1. Laptop membuat kita cenderung menundukkan kepala dan menekuk bahu. Padahal berat kepala, sekitar 4 kg. Otot leher dan pundak pun bekerja lebih keras menopangnya. Akibatnya leher kaku, bahu pegal, dan sakit kepala.

Cegah: Jika menggunakan laptop di meja, posisikan layar sejajar dengan mata, atur keyboard sehingga siku dekat dengan tubuh. Lakukan peregangan setiap jam. Jika meletakkan laptop bukan di meja, lakukan peregangan setiap 15 menit. Masing-masing selama 1-2 menit.

2. Posisi keyboard sering membuat tangan dan jari-jari kurang nyaman saat mengetik. Bukan cuma itu, Ketidaknyamanan itu lama-lama ternyata juga membuat kita terancam repetitive strain injury (RSI).

Cegah: Pertemukan kedua telapak tangan di depan dada, tekuk siku. Tekan dan saling dorong bantalan telapak tangan, hingga lengan bawah sebelah dalam terasa meregang. Lalu pertemukan kedua punggung tangan, dorong hingga bagian belakang pergelangan tangan terasa meregang. Terakhir, julurkan satu tangan ke depan dan tarik jari-jarinya dengan tangan yang lain. Regangkan jari-jari perlahan.

3. Posisi tubuh yang membungkuk saat bekerja di depan Laptop, lama-lama menekan tulang belakang dan saraf di sekitarnya. Ini bisa memicu leher terasa nyeri, kebas, dan tertusuk-tusuk, bahkan membuat gerakan jadi tak nyaman.

Cegah: Selalu jaga agar punggung tetap tegak, bahu terbuka, dan gerakkan kepala sesekali. Lakukan yoga atau pilates untuk menjaga postur tubuh dan mencegah nyeri punggung.

Jadi silahkan pergunakan laptop Anda di tempat dan suasana yang sesuai dengan kondisi Anda.


No Comment