Navigation


RSS : Articles / Comments


Search

Akses Facebook Melambat??

9:59 PM, Posted by Ridlo Prabowo, No Comment



Akses Facebook dari Indonesia Melambat??


Sebenarnya saya tergelitik juga buat komen soal wabah penggunaan facebook, khususnya dari para netter di indonesia ini, Kalo dirunut kebelakang, pertama kali kenal internet tahun 2001 saat pertama kali menginjakkan kaki di Yogyakarta ini, tren yg pernah saya ikuti : Chat asik dengan berbasis text yg bernama Mirc, setelah itu beralih ke yahoo messenger, komunikasi berlanjut dengan adanya blog, plurk, Social engine ( banyak bener dah kalo ini ) yg lumayan lama bercokol adalah Friendster, lalu sekarang yg sedang ON adalah facebook.

Komplen soal facebook lambat adalah hal biasa, saya dengan santainya biasa menjawab keluhan customer tersebut dengan menjawab : ” Ya gimana gak lambat Pak, Bu, Mbak, Mas, Om, Tante kalo semua orang se Indonesia ini mengakses dan manteng Facebook secara bersamaan “.

Kok bisa sih logikanya begitu? kalo bahasa ngawurnya :

Kita Langganan internet ke ISP membuat batas BW ( kecepatan aksesnya ) dan juga BW Facebook yg diakses dari indonesia juga seharusnya ada batasnya (sok tahu :D ) , Nah dengan BW akses kita terbatas dan Alokasi BW Facebook untuk indonesia juga limit, apa yg terjadi? ya otomatis ke melambatnya akses Facebook. Ataupun mungkin kita pernah menemui suatu website yg ada warning BW limited karena kehabisan BW nya?

Jadi kalo pas sedang tidak walking-walking di Facebook ya disignout aja deh jangan dipantengin, pemborosan itu namanya . berdasarkan berita di detik.com pun, Sekarang perusahaan sudah mulai memikirkan untuk memblokir akses Facebook dari kantornya, dan bahkan sudah ada yg menerapkannya, karena di khawatirkan akan mengganggu produktifitas kerja, di lingkungan kampus juga sudah mulai ada yg menerapkan kebijakan memblok Facebook, kalo di jogja salahsatunya diberlakukan di D3 Ekonomi UGM, tapi ternyata kita tidak kekurangan akal, hingga mengusahakan tetep bisa online pake facebook dengan mantenginnya di Blekberi atopun dari hape.. ckckckck, fungsi blekberi dan hape hanya untuk mantengin satu site saja?? sangat mubadzir tentunya, sama seperti fasilitas untuk pejabat negara dengan leptop yg harganya 20 jt an hanya untuk ngetik MS WORD .

Juga kalo emang kita hanya memindah chat dari YM ke Facebook, ya sudah aktifkan saja account Facebooknya lewat Instant Messenging, salah satu cara nya yaitu dengan Pidgin, skr sudah ada orang menciptakan plug ins untuk memuaskan nafsu messengeran menggunakan facebook, namanya pidgin-facebookchat.

Selamat berFacebook ria.

No Comment